Sukses

Berat Badan Naik Drastis

03 Dec 2014, 09:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,,berat badan saya kok gak stabil ya.. akhir2 ini naik drastis,padahal pola makan saya teratur,porsi bahkan saya kurangi,gerak juga sudah lumayan cukup,KB, saya pakek yang IUD berarti tidak berkaitan dengan hormon.apa penyebab kegemukan saya ya dk..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada saat berusaha untuk mencapai berat badan ideal terkadang kita tidak sadar ada beberapa hal yang justru menggagalkan upaya tersebut. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk.

  • Buruknya persiapan

Mempersiapkan diri Anda dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah, lemak yang sehat dan kabohidrat dengan bahan gandum. Maksud dari mempersiapkan adalah menyediakan bahan-bahan ini di lemari es atau lemari makanan di rumah, serta mempersiapkan bekal dari rumah. Selalu ingat ‘kelemahan’ Anda, bila ‘kelemahan’ Anda adalah makanan dan minuman manis yang kaya akan kalori, siapkanlah buah yang dapat Anda bawa kemana-mana untuk mengkompensasikan rasa manis yang selalu Anda sukai.

  • Tidak mengkonsumsi air secara cukup

Mengkonsumsi air putih membantu mempertahankan kesehatan dari kulit, tulang, hingga ke saluran penceranaan, dan fungsi dari otak. Ada hubungan langsung antara hidrasi dengan penurunan berat badan. Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa bila seseorang mengkonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5 – 2 kg. Berapa jumlah air yang sebaiknya diminum? Dalam sehari baiknya 1,5 – 2 liter.

  • Tidak mengkonsumsi cukup protein

Orang yang terlalu banyak konsumsi karbohidrat dalam diet kesehariannya akan sulit untuk mengurangi berat badan. Banyak yang merekomendasikan agar ada penambahan protein dalam setiap kali makan. Contohnya adalah protein dengan lemak yang rendah seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, dan kacang.

  • Mengkonsumsi Minuman Berkalori tinggi

Yang dimaksud dengan minuman kalori tinggi adalah minuman kaleng yang manis ataupun softdrink. Gantilah minuman jenis ini dengan air putih, teh, atau kopi tanpa gula. Kurangi juga minuman yang mengandung alkohol,

  • Kurang Tidur

Sebuah studi yang diteliti oleh Case Western Reserve University mengungkapkan bawah wanita diatas usia 16 tahun yang tidur 5 jam atau kurang, memiliki rata-rata berat badan lebih berat 5 kg dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam atau lebih. Selain itu, kurangnya tidur memicu pengurangan dari jumlah hormon leptin, dan peningkatan hormon ghrelin, dimana proses ini memicu lapar.

  • Tidak sarapan

Sebaiknya dalam 2 jam setelah bangun pagi Anda mengkonsumsi makanan. Sarapan sangatlah penting mengingat tubuh dapat memulai metabolisme secara cepat yang mempengaruhi proses pembakaran kalori secara lebih baik.

  • Tidak mencatat

Untuk upaya mengurangi berat badan hal lain yang Anda dapat lakukan adalah dengan mencatat semua makanan yang dikonsumsi. Karena dengan melihat catatan, untuk kemudiannya memudahkan Anda untuk dapat mengulas kembali dimana kesalahan Anda.

  • Tidak Olah Raga

Hanya dengan mengendalikan makan saja tidak dapat langsung mengurangi berat badan, serta hasil yang didapat cenderung tidak seimbang dengan kesehatan yang proporsional. Namun dengan olahraga rutin seperti lari, renang dan latihan mengangkat beban, maka dapat terjadi pembakaran kalori dan mempercepat metabolisme tubuh.

  • Mudah menyerah

Motivasi awal adalah hal ihwal untuk Anda memulai. Menjadi rutin kebiasaan adalah hal yang membuat Anda bertahan. Oleh karena itu,  jangan mudah menyerah.

Apakah ada dari kebiasan-kebiasan diatas yang masih Anda lakukan? Untuk mencapai berat badan ideal membutuhkan upaya yang tidak sebentar, apalagi untuk mempertahankannya, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Namun, Jika Anda merasa adanya peningkatan berat badan yang sangat drastis disertai keluhan-keluhan lain yang mengganggu ada baiknya Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter terdekat untuk menyingkirkan adanya penyakit lain yang mendasari kondisi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar