Sukses

Sesak Setelah berhenti Merokok

11 Dec 2014, 21:24 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat sore dokter. saya adalah perokok aktif selama 7 tahun, dan selama merokok 7 tahun ini saya sama sekali tidak pernah mengalami sakit pernafasan atau gejala apapun, dan baru 2 hari ini saya memutuskan untuk berhenti merokok tetapi mengapa saluran pernafasan saya sangat terasa sesak seperti orang yang terkena astma? apakah penyebab sakit saya ini dokter dan mohon solusi serta obatnya, terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sesak napas umumnya disebabkan oleh gangguan dari paru-paru (saluran pernapasan bawah) atau jantung, bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti  anemia, alergi atau asma (penyempitan saluran napas) ataupun faktor psikis. Kami perlu menanyakan beberapa informasi dan gejala lain yang Anda alami, seperti :

  • apakah sesak terjadi pada waktu tertentu?
  • apakah sesak terjadi terus menerus?
  • apakah terdapat nyeri dada?
  • apakah napas Anda berbunyi 'ngik-ngik'?
  • apakah sesak didahului atau dibarengi dengan batuk? apakah batuk berdahak atau tidak?
  • Ada riwayat sakit jantung, asma, atau sakit paru di keluarga Anda?

Karena kurangnya informasi dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, kami tidak dapat memastikan penyebab keluhan sesak yang Anda rasakan. Namun mengingat Anda memiliki riwayat merokok yang cukup lama, maka salah satu kemungkinan penyebab sesak nafas Anda adalah bronkitis. Bronkitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak.

Untuk itu, kami  sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis penyakit paru untuk dilakukan pemeriksaan secara holistik(menyeluruh) dengan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti foto Rontgen. Dengan demikian, dapat diketahui penyebab pasti keluhan sesak Anda apakah karena gangguan paru atau lainnya dan dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar