Sukses

Nyeri pada Tangan Kanan

03 Dec 2014, 16:01 WIB
Pria, 18 tahun.

mengapa saya sering merasakan sakit pada tangan kanan saya? apakah gejala rematik?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Di mana letak nyeri pada tangan kanan Anda? Apakah  pergelangan tangan atau sendi jari? Apakah Anda sering merasa kesemutan/baal pada pergelangan tangan atau jari-jari tangan? 

Sebenarnya sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis hanya berdasarkan cerita yang Anda berikan. Terlebih keluhan yang Anda berikan adalah keluhan muskuloskeletal yang memerlukan pemeriksaan langsung. Keluhan nyeri pada tangan dapat disebabkan oleh masalah pada tulang, otot atau persarafan. 

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). CTS disebabkan oleh terjepitnya syaraf medianus oleh ligamen transversus carpii (ligeman otot yang berada di pergelangan tangan). Pada keadaan berat rasa nyeri bisa menjalar ke lengan atas dan kelemahan pada jari tangan (seperti tidak kuat menggenggam).

Salah satu faktor risiko CTS adalah gerakan tangan berulang seperti menggenggam/menyetir, mencuci baju, orang yang banyak menulis/mengetik.

Sementara rematik atau dalam dunia medis kami menyebutnya dengan Artritis Reumatoid (AR).  Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap, suatu sinovitis proliferatifakronik non spesifik. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Gejala dan tanda dari AR adalah sebagai berikut :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Pengobatan pada AR adalah mengurangi peradangan sendi untuk mengurangi nyeri dan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi. Secara umum pengobatan yang dapat dilakukan adalah pemberian obat-obatan dan operasi.

Apabila keluhan Anda semakin memberat dan mengganggu aktivitas Anda, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik langsung untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan keluhan Anda : Carpal Tunnel Syndrome

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar