Sukses

Ngilu Pasca Scaling Gigi
04 Nov 2014, 10:31 WIB
Pria, 33 tahun.

Slmat sore dokter....saya Rahmat Haryanto usia 22 tahun, tiga hari yg lalu sya baru saja membersihkan karang gigi (scaling), pasca scaling gigi sering linu dan sngat rentan terhdap rangsangan. Bahkan pda saat minum skalipun. Terkadang sampai terasa pusing d kepala. Tidak terdpat gigi berlubang atau gangguan gigi lainnya, apakah syaraf gigi sya yg rusak pda saat scaling, mohon pnjelasannya tks..

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi gigi Anda yang mengalami rasa ngilu yang cukup hebat. Gigi yang ngilu karena ada rangsangan makanan dan minuman yang dingin dapat berindikasi keadaan gigi sensitif. Gigi Anda yang ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan. Bagian akar gigi ini seharusnya tertutup oleh gusi namun tumpukan karang gigi dapat merusaknya dan menyebabkan gusi menjadi turun.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera.  Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi bila keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi guna mendapatkan terapi yang diperlukan.

Berikut artikel yang dapat menambah informasi untuk Anda, seputar gigi sensitif

Inilah 7 Tips Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

 Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar