Sukses

Batuk pada Anak

11 Dec 2014, 21:39 WIB
Pria, 30 tahun.

sore dok saya mau tanya, ank saya usia 1 Tahun laki - laki pada tanggal 19 September 2014 yg lalu dioperasi pd jantung yang mengalami kebocoran type VSD dan setelah operasi saat ini anak saya sering sekali mengalami batuk, menurut jawban dokter setelah operasi batuk tersebut akibat adanya alat yg masuk ketika operasi, pertanyaan saya. apakah batuk tersebut akan berlngsung lama, dan apakah batuk tsb ada akibt dari paru - paru anak saya, dan apakah bentuk pengobatan yang akan saya lakukan terhadap anak saya, karena batuk nya sudah sangat mengganggu. trims atas jawaban nya .

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan salah satu keluhan tersering yang dialami anak. Batuk juga dapat menandakan adanya suatu penyakit tertentu, baik yang bersifat ringan ataupun berat. Secara umum, batuk  merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya. Manifestasi asma pada anak terkadang bukan sesak dan mengi (bunyi 'ngik-ngik' ketika bernapas) namun berupa batuk kronik berulang tanpa mengi. Pemberian pengobatan akan tergantung dari masing-masing kasus. Kami perlu menanyakan beberapa informasi seperti :

Apakah batuk yang Anda alami disertai sesak atau kebiruan pada ujung jari, kuku atau sekitar bibir? apakah batuk berdahak? apakah batuk terjadi terus menerus atau hilang timbul? apakah keluhan tersebut disertai gejala lain seperti demam, pilek atau gejala lainnya?

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan batuk pada anak Anda apakah karena adanya gangguan pada paru, infeksi, adanya keterkaitan dengan riwayat operasi sebelumnya atau penyebab lainnya diperlukan evaluasi lebih lanjut mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan penunjang. Kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak atau Dokter Spesialis Pulmonologi Anak untuk evaluasi lebih lanjut guna mencari penyebab dan mendapat pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar