Sukses

Nyeri Pinggang dan Postur Tubuh Tidak Tegak

04 Dec 2014, 03:18 WIB
Pria, 28 tahun.

Dokter..pinggang saya sakit udah menahun.terus kalo tegak badan saya gak lurus,apa kena penyakit tulang belakang?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di klikdokter.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (kulit, otot, tulang, organ(ssperti ginjal), persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. 

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lebih sedikit, berpasir, tidak lancar)? Postur tubuh yang tidak lurus seperti apakah yang Anda maksud, apakah lebih membungkuk, tinggi bahu yang terlihat tidak sama tinggi atau lainnya?

Bila menjalar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea/nyeri haid (pada wanita). Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Bila karena otot atau tulang biasanya terdapat riwayat jatuh atau penggunaan posisi tubuh yang kurang tepat/salah. Keluhan pada otot umumnya disebabkan karena salah posisi duduk atau bekerja dengan posisi yang sama terus menerus. Apabila tubuh tidak berada di dalam posisi anatomis, maka akan menimbulkan keluhan pegal. Keluhan pinggang akibat gangguan tulang belakang (seperti skoliosis, lordosis dan kifosis) juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Anda. Kami tidak dapat memastikan apakah Anda mengalami gangguan/penyakit pada tulang belakang atau tidak karena terbatasnya informasi dan tanpa pemeriksaan fisik, untuk itu kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Sementara ini anda dapat memperbaiki posisi duduk anda, berolahraga untuk melemaskan otot, dan minum obat pereda rasa nyeri apabila keluhan tersebut datang. Mungkin akan diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti Rontgen, USG atau MRI.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

?Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar