Sukses

Serangan Jamur Pada Vagina

22 Oct 2014, 23:51 WIB
Wanita, 25 tahun.

Putih, kekuningan dan tebal disertai bibir vagina yang bengkak, gatal, nyeri saat berhubungan seksual, merupakan infeksi jamur. apa obat keputihan karena jamur?

Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Keluhan gatal, nyeri, bengkak dan keputihan yang Anda sebutkan pada dapat disebabkan karena infeksi, alergi, atau kebersihan kemaluan yang kurang terjaga.

Perlu diketahi bahwa cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dan lain-lain) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

Apakah Anda sudah pernah memeriksakan diri ke Dokter untuk menjalani pemeriksaan secara menyeluruh? Bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda terserang infeksi jamur?

 

Untuk sementara, Anda dapat meningkatkan kebersihan vagina dengan mengaplikasikan beberapa saran di bawah ini:

  • Jaga vagina agar tetap kering (tidak lembab)
  • Sering ganti celana dalam (3-4 kali perhari), terutama apabila berkeringat atau celana dalam basah
  • Gunakan celana dalam dari bahan katun yang menyerap keringat. Jangan gunakan celana dalam dari bahan nilon yang panas
  • Hindari pemakaian celana dalam, celana pendek, atau celana panjang yang terlalu ketat dan berbahan kulit terlalu sering karena akan menimbulkan kelembaban di daerah kemaluan
  • Bersihkan kemaluan setiap kali Anda mandi
  • Ganti pembalut/pantyliner, setiap 4 jam atau setiap kali terasa basah.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan diagnosa dan tata laksana yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Berikut beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar