Sukses

Anak Suka Memukul Kepala

23 Oct 2014, 11:09 WIB
Pria, 38 tahun.

Anak saya laki-laki usia skr 1.3 tahun. Mulai usia 4 bln dlm tidurnya dia sering memukul-mukul kepalanya scr tdk sadar sampai usia skr. Apakah berbahaya perilaku anak saya itu do, apakah ada masalah dalam tumbuh kembang anak saya, lalu gimana cara mengatasinya agar kebiasaan dia bisa hilang. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir Anda. Apakah anak Anda ada keluhan seperti demam, batuk, pilek atau penyakit lainnya? Bagaimana dengan perkembangan motoriknya selama ini? 

Memukul-mukul kepala merupakan sifat yang dapat muncul pada beberapa anak, hal ini biasanya terjadi saat anak mengalami frustasi (ingin mengungkapkan suatu hal namun tidak bisa), kecemasan,  pada anak-anak yang ingin mencari perhatian, adanya nyeri (nyeri kepala atau nyeri di gigi, hidung), bila anak sedang marah/kesal atau terjadi perubahan suasana di rumah atau sekolah.

Yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan anak saat Ia menyakiti diri sendiri, dan katakan bahwa hal (memukul-mukul kepala) itu tidak benar dan katakan bahwa Anda menyanginya dan tidak ingin Ia menyakiti diri sendiri, katakan bahwa ini tugas Anda untuk melindunginya. Terus berikan kata-kata sebagai bentuk rasa kasih sayang Anda terhadap sang anak.  Anda juga dapat mengerahkan perhatian lebih kepada anak, ajaklah anak bermain, bernyanyi, bacakan cerita, dan lakukan permainan yang aktif agar anak dapat melampiaskan rasa emosinya.

Jangan lupa untuk selalu menciptakan suasana di sekitar anak tersebut yang lebih nyaman. Apabila keluhan ini semakin berat maka ditakutkan dapat mempenagruhi perkembangan emosional anak maka kami sarankan agar Anda bisa membawanya ke psikolog anak-anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar