Sukses

Bagaimana mengatasi jerawat?

02 Dec 2014, 21:00 WIB
Pria, 20 tahun.

Bagaimana mengatasi jerawat?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Yang terpenting dalam mengatasi jerawat adalah pencegahannya. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Disarankan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah. Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasinya:

  1. Pelembab
    Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kering, oleh karena itu selalu ingat untuk menggunakan pelembab sehingga mencegah kulit kering dan pengelupasan kulit. Gunakan pelembab yang khusus untuk kulit berjerawat.

  2. Gunakan Obat Jerawat Yang Dijual Di Pasaran 
    Cobalah gunakan obat-obat jerawat yang dijual di pasaran yang tidak perlu menggunakan resep. Produk-produk ini dapat mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang dapat membunuh bakteri dan membuat kulit tidak berminyak. Gunakan dalam dosis yang sedikit dahulu lalu sesuaikan dosisinya dengan kondisi kulit Anda.

  3. Gunakan Make-up Seperlunya 
    Saat Anda sedag berjerawat hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on. Bila harus menggunakan make-up jangan lupa untuk membersihkannya saat pulang ke rumah. Gunakan make-up yang tidak memicu timbulnya jerawat.

  4. Hati-hati Pengunaan Produk Di Rambut
    Hindari penggunaan minyak wangi, minyak, atau gel di rambut saat Anda sedang berjerawat. Gunakan shampoo dan conditioner yang lembut oleh karena rambut berminyak dapat menambah kandungan minyak ke wajah.

  5. Jangan Menyentuh Wajah 
    Hindari menyentu wajah Anda saat sedang berjerawat. Menyentuh wajah bukan hanya dapat menyebarkan bakteri karena dapat semakin mengiritasi wajah saat kulit Anda sedang sensitif.

  6. Hindari Sinar Matahari 
    Sinar UV dari matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih bila terpapar dengan matahari.

  7. Berikan Nutrisi Ke Kulit 
    Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak.

  8. Olahraga 
    Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Ingat untuk mandi setelah berolahraga.

  9. Hindari stress
    Beberapa studi mengaitkan pertumbuhan jerawat dengan stress. Oleh karena itu hindari stres dan nikmati hidup Anda.

Kami sertakan Artikel untuk menambah wawasan Anda:

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar