Sukses

Nyeri Kepala, Gejala Kanker Otak?

03 Dec 2014, 12:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok apa sakit kepalah berlebihan adalah salah satu gejalah dari kanker otak. saya takut dok untuk priksa ke dokter

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan, sejak kapan nyeri kepala tersebut dirasakan? Apakah nyeri kepala tersebut hilang timbul atau menetap? Di mana letak nyeri kepala, apakah nyeri kepala sebagian atau seluruh kepala? Apakah ada penurunan nafsu makan dan berat badan menurun? 

Nyeri kepala merupakan keluhan yang banyak dilaporkan kepada dokter. Penyebab nyeri kepala bermacam-macam, dari mulai stres emosional sampai adanya penyakit yang mendasari. Sebagian nyeri kepala dapat sembuh sendiri dan bukan masalah yang serius. Anda mungkin akan mengeluhkan nyeri kepala saat terkena influenza atau infeksi virus lainnya, dan itu merupakan hal yang wajar terjadi.

Namun, ada beberapa juga yang mengindikasikan adanya kelainan medis yang serius, seperti tumorstroke, aneurisma, infeksi otak, dan sebagainya.

Tubuh secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak normal (tidak terkontrol) yang kemudian tampak menjadi “benjolan” yang disebut tumor.

Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Karsinogenesis atau proses terjadinya kanker dimulai dengan perubahan sederhana yang seringkali berubah menjadi tumor jinak dan sebagian akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.

Pertanyaan Anda mengenai gejala dari kanker otak adalah pusing atau nyeri/sakit kepala yang semakin lama semakin berat dan sering terjadi di pagi hari, badan terasa lemah, kebas pada lengan dan kaki, perubahan pada ingatan, kesulitan berjalan, perubahan tidak normal pada penglihatan secara signifikan, muntah-muntah, kesemutan, penurunan berat badan, kesulitan bicara, perubahan perilaku, gangguan pada telinga, hingga penurunan kesadaran. 

Pengobatan pada kanker otak yang umumnya diberikan adalah :

  • Pembedahan atau operasi
  • Kemoterapi (dengan obat – obatan) 
  • Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

Apabila nyeri kepala Anda terasa berlebihan dan mengganggu aktivitas, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf (neurolog) untuk mengetahui penyebab nyeri kepala Anda. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan penunjang (seperti CT scan) bila diperlukan.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : 6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar