Sukses

Minum Teh Hijau dan Kopi, Baik atau Buruk?

02 Dec 2014, 19:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, Minum teh hijau 30 menit sebelum sarapan apakah bagus untuk pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme saya? Lalu apakah minum kopi  baik/buruk? Terimakasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dari ketiga jenis teh, memang teh hijau yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oklahoma Health Sciences Center menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau 4 cangkir sehari dapat membantu menurunkan berat badan dalam 8 minggu. Berat badan secara umum, lingkar perut, dan massa lemak tubuh ditemukan menurun setelah konsumsi teh hijau. Tentu saja hal ini harus disertai dengan asupan makanan yang seimbang dan baik. 

Manfaat lain dari teh hijau adalah;

  1. Membantu mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus dan hiperkolesterolemia
  2. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner
  3. Memiliki aktivitas antibakteri, antivirus dan antijamur
  4. Memiliki potensi pencegahan kanker

Memang masih diperlukan penelitian lebih jauh tentang khasiat teh hijau bagi tubuh, dan hingga saat ini masih banyak penelitian yang sedang dilakukan terkait dengan manfaat kesehatan teh hijau. Tapi harus diingat, untuk menikmati teh hijau harus dengan cara yang sehat yaitu dengan mewaspadai kandungan gula dalam teh  dan memperhatikan kandungan-kandungan campuran lainnya dalam teh hijau yang dikonsumsi agar  tetap memberikan khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Juga pastikan Anda tidak meminum teh ketika masih panas. Terdapat beberapa penelitian yang melaporkan terdapat resiko kanker jika meminum teh ketika masih panas. Sebaiknya tunggu sejenak teh Anda hingga suhu yang nyaman, kemudian nikmati teh hijau untuk kesehatan Anda.

Untuk kopi sendiri juga memilii banyak manfaa bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung
  2. Menurunkan risiko terjadinya stroke
  3. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis
  4. Menurunkan risiko terkena kanker

Selain yang telah disebutkan di atas, menkonsumsi kopi juga dapat mencegah perkembangan penyakit demensia ke arah yang lebih buruk dan dapat menurunkan resiko terjadinya depresi. Namun, selain memiliki keuntungan seperti yang telah disebutkan di atas, kopi juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan, di antaranya, menyebabkan kesulitan tidur, menaikkan tekanan darah, glaukoma, gangguan cemas, dan tremor.

Kesimpulannya, tidak ada larangan untuk meminum teh hijau maupun kopi, justru berdasarkan penelitian kedua minuman ini memiliki manfaat dibidang kesehatan. Namun yang menjadi catatan penting adalah jumlah yang harus diminum dan bagaimana cara penyajiannya. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi teh maupun kopi tidak boleh berlebihan meskipun kita tahu kedua minuman ini tidak selalu merugikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar