Sukses

Nyeri Ulu Hati & Perut Panas

23 Oct 2014, 11:18 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dok? sy mau konsultasi sebentar. yang sy tanyakan adalah masalah penyakit dalam. dari bln 1 januari hingga sekarang,sy perut saya perih dlm kata lain panas gitu,sdh 2x sy berobat ke dokter spesial pnykit dlm.hnya diberi obat kapsul dan sirup,dokter blg asam lambung belum kunjung sembuh dan jg terkadang denyut jantung saya cepat gitu,itu berlangsung selama 1 mggu saja,trus hilang kembali dan jg dok ,yg heran nya waktu sy tdr telungkup aja,perut saya ketekan aja,sy rasakn perih didaerah perut.itu kenapa ia dok?? apa perlu sy endoscopy dl dok,utk memastikan nya,dgn lambung sy ada yg bermasalah? tks.dok.siang

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan Anda ini memang sangat mungkin diakibatkan oleh maag, namun hal ini perlu dipastikan lagi dengan menyingkirkan kemungkinan diagnosis yang lain. Gejala sakit maag itu bervariasi, beberapa gejala sakit maag adalah nyeri pada perut (ulu hati, perut kiri atau tengah dapat menyebar ke dada atau ke punggung), mual, muntah, nyeri kepala (kepala berputar atau nyeri kepala seperti melayang), hingga lemas, sulit makan, penurunan berat badan. 

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti endoscopy. Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

Salam,

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar