Sukses

Lebih Lanjut Mengenai Sinusitis

21 Oct 2014, 15:17 WIB
Wanita, 33 tahun.

Sy ngin mengetahui lbh detail ttg sinusitis dan bahayanya srta resikonya... krn sya baru melkukan cabut gigi bagian atas kmdian wktu kumur air klr mellui hidung sblh kanan... dan wktu itu dokter gigi saya blg bhwa syaraf sinus saya kena... semenjak itu sy srg kali merasa sakit apabila menunduk terlalu lama dan hidung sebelah kanan mengeluarkan air dan bau

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri. Cairan yang tertahan tersebut akan memicu Sinusitis.

Terjadinya sinusitis berkaitan dengan 3 faktor di bawah:

  • sumbatan aliran sinus
  • gangguan silia, yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut
  • gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus

Sebagai akibat dari sumbatan tersebut, maka:

  • terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas
  • penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Salah satu rongga sinus yaitu sinus maksilaris secara anatomi lokasinya berdekatan dengan gigi atas bagian belakang. Infeksi pada bagian gigi tersebut dapat menyebar ke bagian lainnya, seperti sinus maksilaris tersebut, sehingga berperan dalam timbulnya sinusitis.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Sementara untuk kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya. Sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan. Pada orang yang memilki alergi terhadap cuaca dingin, air dingin, maupun debu, dapat memicu peradangan yang bermanifestasi pada rongga sinus dan saluran pernapasan lainnya, sehingga memicu sinusitis.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek.

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah karena infeksi, maupun alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh infeksi akan diberikan antibiotik, dan jika karena alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar