Sukses

Nanah di Luka Jahitan

31 Oct 2014, 15:59 WIB
Pria, 26 tahun.

Saya habis khitan jumat malam minggu lalu. Sama dokter sya, saya dikasih obat minum 2 macam, antibiotik (lapicef 500) dan obat nyeri(opistan 500). Mulai hari minggu kmrn luka jahitannya sudah mulai keluar nanah, lalu kemarin saya berikan salep bactroban pada luka jahitannya, sebelumnya saya lap dgn rivanol (belajar dri internet, bukan anjuran dkter saya krn dktr saya bilang dibiarkan saja). Oya, di bagian jahitannya itu jg masih bengkak cukup besar, apalagi bagian bawahnya kepala penis, ngeri lihatnya. Skrg ini nanahnya sudah mengering di luka2nya, tampak kuning2 yg mengering sudahan. Apa yg harus saya lakukan? Apakah membiarkan nanah yg mengering itu dan tetap memberi bactroban ato mengambil nanah yg sdh mengering tersebut, tapi kalo nanah yg kering dicabut, pasti rasanya sakit dan bisa sobek lgi.. bgmn ya? Saya bingung... Trua untuk bengkaknya ini kok ga kempes2 ya? Kata dktr saya ntar kempes2 sendiri. Tapi sejauh ini blm terlalu kelihatan kalo bengkaknya mengempes. Apa saya perlu konsumsi obat lain? Pagi ini obat dri dktr saya habis. Mohon bantuannya.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami turut bersimpati atas kondisi yang Anda alami. Bagaimana keadaan luka Anda saat ini? Sayang sekali kami tidak dapat melihat secara langsung sehingga kami tidak dapat melihat kondisi luka yang terjadi pada Anda. 

Jika terdapat nanah, kemungkinan terjadi infeksi pada area luka tersebut, bisa disebabkan oleh cara dan teknik penjahitan, cara perawatan luka yang tidak tepat maupun masih adanya benda asing di dalam tubuh Anda. Untuk merawat luka, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang dicelup atau diberikan cairan NaCl. Anda dapat membelinya di apotik: NaCl 0.9%. Jangan membersihkannya dengan alkohol karena alkohol bersifat iritatif dan bisa menyebabkan nyeri pada luka. Setelah dibersihkan dengan cairan NaCl, Anda dapat menepuk-nepuk atau "mengeringkannya" dengan kasa kering lalu kemudian dapat diberikan salep/krim antibiotik. Jangan mencabut nanah yang kering di kulit Anda karena akan membuat proses penyembuhan semakin lama dan terdapat infeksi sekunder.

Jika luka basah, usahakan untuk mengganti perban dan membersihkannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter yang menjahit Anda dan menanyakan mengenai kondisi yang Anda alami tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar