Sukses

Lendir di Tenggorokan dan Sakit Telinga

21 Oct 2014, 16:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

1.dok sudah lama saya merasa ada lendir ditenggorokan tp kadang juga di hidung walaupun it saya tidak dalam keadaan flu.. it sangat mengganggu mohon informasi penanganannya 2. telinga ku juga terkadang gatal dan sakit, pernah sekali disemprot dan keluar cairan dari hidung sesaat it aku kehilangan kesadaran, mohon penjelasannya

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sebelum menjawab pertanyaan pertama Anda, kami perlu mengetahui lebih jelas mengenai lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan atau ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. 

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll. 

 

Mengenai pertanyaan yang kedua, semprotan apakah yang dimaksud? apakah dilakukan oleh dokter THT? gangguan pada telinga yang terjadi pada Anda dapat dikarenakan oleh berbagai macam penyebab. Terdapat kemungkinan adanya kotoran telinga atau serumen yang menumpuk dan mengeras. Serumen yang seperti itu dapat menyebabkan keluhan telinga dan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Selain karena serumen, penyebab lainnya dapat berasal dari infeksi telinga ataupun penyakit yang berhubungan dengan syaraf telinga. Untuk menangani keluhan Anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi telinga Anda pada dokter spesialis THT. Jangan memberikan obat tetes tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemberian obat tetes sembarangan terutama pada mereka dengan gangguan gendang telinga dapat merusak fungsi pendengaran.

 

Berikut adalah beberapa artikel terkait yang dapat bermanfaat:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar