Sukses

Inikah Darah Haid?

22 Oct 2014, 20:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter saya mau tanya..sudah 2 hari ini saya mengeluarkan darah seperti darah haid tapi hilang timbul...bisa pagi ada siang g ada ntr malam ada lg trus darahnya tdk seperti haid biasanya warnanya agak merah tua cenderung ke coklat. itu darah haid atau bukan ya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perdarahan per vaginam pada seorang wanita dapat disebabkan oleh banyak hal yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai.

Apakah Anda sudah menikah atau berhubungan seksual sebelumnya? Apakah darah ini muncul setelah Anda berhubungan seksual?

Langkah pemeriksaan pertama untuk perdarahan per vaginam apabila seorang wanita berstatus aktif secara seksual adalah pemeriksaan kehamilan, yang secara sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan stik pemeriksa kehamilan. Apabila hasil pemeriksaan tersebut negatif atau sang wanita tidak aktif secara seksual, maka sumber perdarahan dapat berasal dari ketidakseimbangan hormon, gangguan organ reproduksi, dan lain sebagainya.

 

Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

 

Apabila darah muncul setelah berhubungan seksual, maka kemungkinan Anda mengalami post coital bleeding. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk mulut rahim yang sedikit robek seperti yang sedang Anda alami. Perpanjanglah masa intercourse sebelum suami melakukan penetrasi agar vagina Anda memproduksi lendir yang cukup, dan gesekan yang dipicu oleh tindakan penetrasi tidak menimbulkan luka, lecet ataupun robekan pada vagina/rahim Anda. Kejadian ini juga kerap terjadi pada malam pertama atau ketika frekuensi berhubungan seksual tidak terlalu sering, karena pada kondisi tersebut vagina dalam keadaan ketat dan sempit.

Apakah satu atau lebih definisi kondisi di atas sesuai dengan keadaan Anda saat ini?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung dan menyeluruh atas keluhan yang ada.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar