Sukses

Bintik Berair pada Kaki

04 Dec 2014, 02:34 WIB
Pria, 24 tahun.

Kenapa ya dok,kulit dikaki saya bintik bening,didalemnya ada airnya,gatal Cara mengobati nya bagai mana?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Penyakit atau keluhan kulit sangat sulit diketahui penyebabnya tanpa pemeriksaan langsung. Selain itu, informasi yang Anda sampaikan sayangnya kurang lengkap seperti:

  • Sejak kapan Anda mengalami keluhan bintil-bintil ini?
  • Apakah Anda pernah menderita cacar air?
  • Apakah disertai demam atau sakit kepala?
  • dimanakah tepatnya letak bintik tersebut?
  • apakah semakin lama bintik semakin banyak?
  • apakah disertai nyeri atau kemerahan?

Kelainan pada kulit yang awalnya berupa lentingan yang berisi airnya dapat disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi virus seperti hepes simpleks, reaksi alergi, keracunan obat, cacar air, ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo). Kelainan tersebut hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan penanganannya pun berbeda.

Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang. Obat yang dapat diberikan untuk penyakit herpes simpleks dan cacar air adalah obat antivirus serta obat simmptomatik yang sesuai dengan keluhan, sementara untuk penyakit impetigo dapat diatasi dengan menggunakan salep antibiotik. Bila disebabkan karena alergi, biasanya kan diberikan obat anti histamin atau anti alergi dan obat kortikostroid untuk menekan reaksi alerginya. Bila penyebabnya adalah infeksi jamur, maka pengobatan yang tepat adalah obat anti jamur.

 

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk mendiagnosa karena terbatasnya informasi dan tanpa pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar