Sukses

Vaksinasi Typhoid

23 Oct 2014, 10:18 WIB
Wanita, 19 tahun.

rumah sakit yang menyediakan vaksin tipes dimana ya dok? teman saya habis menderita tipes perut dan dokter menyuruh untuk vaksin

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Salam Kami untuk teman Anda. Sebelumnya izinkan kami membahas mengenai vaksinasi typhoid. 

  • Vaksinasi typhoid direkomendasikan untuk beberapa prioritas kelompok sebagai berikut :
  • Para traveller ( pelancong ) yang berpergian menuju daerah ( negara ) epidemik.
  • Mereka yang berinteraksi dekat dengan penderita typhoid karier.
  • Tinggal / merawat anggota keluarga yang sedang terkena tipes.
  • Para pekerja laboratorium yang bekerja dengan materi yang berkaitan dengan bakteri salmonella typhi.
  • Dokter yang memegang bangsal dan memeriksa pasien tiphoid
  • Anak – anak usia sekolah ( rentang usia 5 – 15 tahun ) merupakan kelompok usia yang paling sering terkena typhoid.
  • Orang yang ingin mendapat perlindungan terhadap penyakit Tipes.

 

Jika temen Anda ingin melakukan vaksinasi typhoid, kami sarankan terlebih dahulu teman Anda melakukan pemeriksaan darah kembali, yang direkomendasikan adalah pemeriksaan TUBEX yaitu untuk mendeteksi IgM Salmonella Typhi. Jika hasil TUBEX menunjukkan teman Anda penderita typhoid jenis carier, menurut CDC (Center For DIseases Control And Prevention) sangat tidak disarankan untuk dilakukan vaksinasi typhoid, karena vaksinasi akan memicu kuman Salmonella Typhi untuk menginvasi tubuh dan timbul kembali demam typhoid. Namun jika hasil nya negatif, maka dapat dilakukan vaksinasi, namun vaksin tersebut baru diperlukan 3 tahun kemudian. 

Pencegahan yang bisa dilakukan sendiri saat ini adalah  menjaga kebersihan makanan, meningkatkan daya tahan tubuh seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam/24 jam, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit Tifoid sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita Tifoid.

Untuk medapatkan vaksinasi, teman Anda dapat mendatangi fasilitas kesehatan disekitar lingkungan rumah seperti Rumah sakit atau klinik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar