Sukses

Berbagai Keluhan

23 Oct 2014, 09:46 WIB
Wanita, 17 tahun.

rambut saya sering rontok, dan sekarang mulai menipis, kepala sering pusing, haid nya tidak teratur, bagaimana demikian?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami akan coba menjelaskan satu persatu keluhan Anda.

Rambut Rontok

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Kerontokan pada fase istirahat itu memang yang paling sering dikeluhkan oleh orang. Penyebab kerontokan di fase istirahat beraneka beragam, baik internal maupun eksternal. Perubahan hormonal seperti saat kehamilan atau pemakaian obat-obatan tertentu dapat meningkatkan jumlah rambut masuk ke fase istirahat, dan kemudian rontok. Penyakit-penyakit tertentu seperti anemia, demam ataupun tipus juga menjadi pencetus kerontokan tipe ini. Faktor lain yang juga ikut andil adalah gaya hidup, misalnya faktor lingkungan dan pemakaian alat-alat styling rambut. Dalam kasus Anda, rambut Anda rontok sebelumnya memang mungkin disebabkan oleh jamur. Hal ini harus dikaji kembali, apakah sekarang jamurnya masih ada sehingga rambut Anda masih rontok? Cara lain mencegah kerontokan adalah dengan merawat rambut Anda. Gunakan shampo dengan formula rendah busa atau shampo bayi. Pijat kulit kepala Anda untuk meningkatkan peredaran darah. Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc. Makanlah buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi. Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Sebisa mungkin hindari stres, rokok, alkohol, diet terlalu ketat (mengurangi protein untuk pertumbuhan rambut) serta usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat.

Sering Pusing

Terkait dengan keluhan Anda Apakah Anda pusing berputar (vertigo) atau nyeri kepala? Bagaimana dengan pola tidur Anda? Apakah Anda memiliki keluhan lain, misalnya nyeri ulu hati? Apakah pusing tersebut hilang dengan pemberian obat analgetik atau beristirahat?

Keluhan ini dapat Anda coba atasi dengan tidur yang cukup, kurang lebih 6-8 jam. Sangat baik jika tidak sering tidur tidak terlalu malam, karena tubuh memiliki siklus yang memang di atas pukul 22.00 mulai dikondisikan untuk beristirahat, sehingga melebihi waktu itu akan memaksakan tubuh untuk bekerja ekstra. Selain itu cobalah jaga pola makan Anda, jangan sampai terlambat makan. 

Selain itu kami juga menganjurkan agar Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab dari sering pusing Anda jika keluhan tersebut dirasakan sangat mengganggu.

Haid Tidak Teratur

Siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Untuk dapat mengetahui penyebab ketidakteraturan haid Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar