Sukses

Solusi Hipertensi

23 Oct 2014, 09:28 WIB
Pria, 59 tahun.

Dokter Yth. Saya adalah pendonor darah aktif, sudah diatas 100X. Donor terakhir tanggal 12 Juli 2014, tensi saya agak tinggi yaitu 160/90 dan PMI menyatakan boleh. Jadwal selanjutnya tgl 28 September 2014, tensi saya 160/115. Perawat PMI menolak. Dokter PMI memberi saya resep Captropil 5mg 1X/hr dan Amlodipine 5mg 1X/hr. untuk 10 hari. Tanggal 11 Oktober saya mau donor cek lagi. Ternyata tensi tetap 160/115. Dokter PMI menyarankan saya tetap minum obat diatas, dan masih saya lakukan. Apa saran dokter untuk saya lakukan ? Saya aktif olahraga jalan pagi 4X sminggu dan tennis lapangan sekali seminggu. Terimakasih. Salam, Rinaldi Z Djamal

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Bapak rasakan. Sekilas izinkan kami menjelaskan seputar hipertensi. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Hasil tekanan darah yang tinggi hanya dengan satu kali pemeriksaan belum dapat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi karena hasil tekanan darah dapat meningkat saat seseorang dalam kondisi stres atau setelah beraktivitas, dll. Jika setelah beberapa kali pemeriksaan didapatkan hasil tekanan darah Bapak lebih tinggi dari normal, dapat dikatakan bahwa Bapak menderita darah tinggi. 

Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Bapak lakukan untuk membantu pengobatan hipertensi yang diderita, sehingga penggunaan obat pun dapat diminimalisasi di kemudian hari :

  • Olah raga teratur, dengan frekuensi 3 kali per minggu dan durasi minimal 30 menit
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Kurangi asupan garam
  • Hindari konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng
  • Tingkatkan konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari konsumsi alkohol.

Namun jika dengan melakukan perubahan gaya hidup tersebut tekanan darah Bapak tetap tinggi, maka diperlukan terapi dengan obat-obatan untuk mengatasi hipertensi Bapak dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Hipertensi yang tidak diterapi dapat menyebabkan berbagai komplikasi berupa gangguan jantung, pembuluh darah, gangguan ginjal, merusak kerja mata, menimbulkan kelainan atau gangguan kerja otak, dll.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat dan Bapak lekas sembuh. 

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar