Sukses

Putih-putih di Jahitan Sunat

02 Dec 2014, 15:50 WIB
Wanita, 35 tahun.

Anak saya 1,5 bulan baru saja d sunat hr sabtu kemarin. Dijahitannya ada putih2, harus d bersihlan ngg ya? Atau dibiarkan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan terhadap luka jahitan si buah hati. Namun informasi yang Anda berikan belum cukup untuk Kami agar dapat memberikan saran terapi.

Dimanakah Anak Anda dilakukan sunatan? Apakah dengan tenaga medis atau fasilitas sunat non-medis? Apakah putih-putih yang Anda maksud? Apakah bahan-bahan medis ataukah tampak kotoran yang melekat pada jahitan?

Pada prosesnya, setelah dilakukan sunatan terutama dengan cara konvensional yaitu diguntng, maka luka jahitan akan dijahit dengan benang yang dapat diserap oleh tubuh, kemudian dapat juga diberikan jaring-jaring antibiotik, lalu ditutup dengan kassa steril dan plester. Kesemua bahan medis tersebut dapat terlihat sebagai benda putih.

Kemungkinan lain dari keluhan Anda tersebut memang bisa adalah kotoran yang menempel pada luka jahitan, baik itu dari penis Anak sendiri (namun seharusnya tidak ada, karena jika dilakukan oleh tindakan medis terlatih maka semua kotoran yang melekat pada penis sudah dibersihkan pada tindakan awal sunat) atau kotoran yang baru melekat akibat kassa yang terbuka.

Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan kontrol luka pada tiga hari setelah dilakukan sunat. Sebaiknya Anda menunggu saat tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pembersihan keluhan yang Anda maksud. Namun, Jika keluhan ini terasa mengganggu, menibulkan peradangan pada luka jahitan, atau luka jahitan terlihat sangat kotor Anda dapat segera datang untuk memeriksakan Anak Anda pada dokter terdekat untuk bisa ditangani lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar