Sukses

Dampak Buruk Kelebihan Vitamin E

01 Dec 2014, 23:38 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok apakah sering minum vitamin E seperti ever E ada dampak buruknya bagi kesehatan kulit kita?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vitamin E pada umumnya aman dikonsumsi apabila masih berada dalam dosis aman. Dosis yang direkomendasikan adalah 15 mg / hari. Tapi, pastikan juga asupan vitamin E anda tidak lebih dari 1000 mg per hari. Hal ini untuk mencegah keracunan.

Vitamin E yang diambil dari makanan tidak terbukti memiliki efek samping yang terdokumentasi. Tetapi vitamin E yang berasal dari suplemen memiliki potensi efek samping terutama saat berinteraksi dengan obat atau kondisi lain.

Kelebihan vitamin E dapat memicu penyakit pada tulang atau yang sering disebut osteoporosis. Diketahui dengan terjadinya konsumsi berlebihan akan memicu efek alfa-tokoferol berlebihan sehingga menyebabkan kekuatan tulang menjadi menurun. Bisa menyebabkan kekeroposan tulang.

Bahkan bisa terjadi pembengkakan seperti pembengkakan pada bibir, lidah, dan wajah. Bisa menyebabkan pendarahan dan kematian akibat pendarahan tersebut. Selain itu, kelebihan vitamin E dapat menimbulkan sakit kepala dan mual, penglihatan kabur, perut kembung dan diare.

Walaupun untuk kasus penyakit yang ditimbulkan cenderung sangat jarang, namun Anda tetap harus lebih waspada terhadap konsumsi vitamin E yang belebihan. Kadang kasus tersebut dijumpai saat seseorang belum pernah mengkonsumsi suplemen vitamin sebelumnya. Sehingga saat tubuh menerima suplemen vitamin dalam jumlah yang besar, tubuh menjadi tidak stabil untuk mencerna vitamin itu sehingga timbul penyakit-penyakit efek samping yang terjadi.

Berikut Kami sertakan artikel:

Manfaat Sehat Vitamin E

Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Vitamin E Pulihkan Perokok

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar