Sukses

Pembesaran Prostat dan Pembengkokan Tulang Belakang

02 Dec 2014, 19:28 WIB
Pria, 58 tahun.

Selamat pagi, Pada tgl 29 agustus 2014 saya pergi kedokter karena sulit BAK, dokter menganjurkan saya kerumah sakit lalu saya dipasangkan kateter oleh dokter rumah sakit tersebut, anehnya saya tidak dirawat inap. Berdasarkan hasil MRI saya menderita pembengkokan tulang belakang ruas 10-14, hasil USG prostat sedikit membesar. Saya penyandang cacat dan telah 7 tahun menggunakan kursi roda. Mohon saran saya harus berobat kemana?saya pengguna BPJS

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan utama yang membuat Anda datang ke dokter adalah Sulit BAK. Masalah buang air kecil pada pria, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kencing. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  3. Pembesaran prostat jinak. Sulit untuk berkemih dan tidak lampias.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Oleh karena itu dokter merujuk Anda ke rumah sakit, dimana telah dilakukan pemeriksaan penunjang dengan hasil USG prostat sedikit membesar. Tidak semua pasien dengan pembesaran prostat disarankan rawat inap. Jika pembesaran prostat cukup parah atau terjadi gangguan pada ginjal serta kandung kemih barulah pasien disarankan untuk dilakukan rawat inap untuk penanganan lebih lanjutnya.

Tindakan pertolongan pertama adalah dengan memasang kateter, yang telah dilakukan pada Anda. Kemudian dokter akan menyarankan Anda untuk kembali kontrol sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kami sarankan Anda untuk mengikuti jadwal kontrol tersebut, dan sebaiknya tidak berganti-ganti dokter (walaupun second opinion adalah hak setiap pasien) karena dokter yang baru akan menggali informasi kembali dari awal.

Sedangkan untuk keluhan hasil MRI dimana terjadi pembengkokan tulang belakang ruas 10-14, Anda dapat berkonsultasi dengan spesialis saraf di rumah sakit yang sama. Dengan tahapan awal, Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter puskesmas atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS, kemudian jika dirasa harus merujuk, dokter akan merujuk Anda kebagian spesialisasi tersebut.

 

Kami sertakan artikel:

Risiko Kanker Prostat

Bila Prostat Menjadi Kanker

Gejala Pembesaran Prostat

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar