Sukses

Sulit BAK, Prostat Membesar

27 Nov 2014, 20:32 WIB
Pria, 58 tahun.

Selamat pagi, Hasil MRI ada pembengkokan ruas tulang belakang 10-14, hasil usg prostat sedikit membesar, saya penyandang cacat polio sejak 7 tahun lalu menggunakan kursi roda. Sejak 29 agustus saya dipasang kateter karena sulit BAK, tetapi tidak dirawat inap di rumah sakit.mohon saran saya harus berobat kemana?saya pengguna BPJS.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan sulit BAK Anda karena prostat yang sedikit membesar sehingga terjadi sumbatan pada saluran kemih. Setelah pemasangan kateter urin apakah kemudian urin Anda dapat keluar dan lancar? Bila iya, maka tidak diperlukan rawat inap, tapi butuh diobservasi. Biasanya dokter akan meminta Anda untuk datang kembali setelah pemasangan kateter. Hal ini perlu dilakukan karena kateter urin harus diganti setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari terkontaminasi bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Anda tidak disarankan untuk rawat inap karena kemungkinan tidak ada indikasi rawat inap. Rawat inap di rumah sakit justru memiliki risiko terkena infeksi nosokomial (infeksi yang terdapat di rumah sakit) sehingga bila kondisi Anda masih baik, akan dianjurkan untuk rawat jalan saja.

Untuk pengguna BPJS Anda bisa berobat ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, terutama rumah sakit pemerintah. Anda dapat berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terdekat dan memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar