Sukses

Penyakit Jantung Koroner

24 Oct 2014, 06:14 WIB
Pria, 38 tahun.

saya pernah kena serangan jantung dan sudah pasang ring ,apakah saya harus konsumsi obat selamanya ,apakah tidak ada solusi lain dok...,thanks

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit Penyempitan Pembuluh Darah Jantung disebut juga dengan Penyakit Jantung Koroner. Penyakit jantung koroner ini dapat menyebabkan:

Nyeri dada iskemik yang khas (seperti ditekan benda berat dan menjalar ke leher, lengan kanan dan punggung). Keluhan nyeri dada yang memerlukan perhatian secara serius memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Nyeri dada yang baru dirasakan (< 1 bulan)
  • Perubahan kualitas nyeri dada, seperti meningkatnya frekuensi atau beratnya nyeri dada, atau nyeri dada yang dirasakan saat istirahat
  • Nyeri dada yang tidak hilang dengan istirahat atau dengan pemberian nitrat sublingual

Gejala lain yang mungkin menyertai adalah sesak napas, perasaan melayang dan pingsan. 

Penyakit jantung koroner sendiri bisa disebabkan beberapa faktor, misal: kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes  melitus, merokok, kurang aktifitas/kolahraga, gaya hidup sedentary life, dll.

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan segera karena dapat menyebabkan kematian. Penanganannya disesuaikan dengan derajat penyempitan pembuluh darah jantung yang terjadi. Jika penyempitan cukup besar maka sebaiknya dilakukan tindakan PCI atau pemasangan stent.

Obat-obat untuk penyakit jantung koroner dikonsumsi seumur hidup, kecuali Clopidogrel (jika Anda mendapatkannya) dapat dihentikan setelah 9-12 bulan dari pemasangan stent. Penghentian obat tersebut juga harus seijin dokter jantung yang menangani Anda. Obat-obat lain harus tetap dikonsumsi untuk seterusnya. Simvastatin juga perlu diatur dosisnya agar mencapai target LDL < 70 pada penderita penyakit jantung koroner.

Yang terpenting adalah modifikasi gaya hidup, konsumsi makanan sehat (perbanyak sayur dan buah, hindari makanan tinggi kolesterol), berhenti merokok, dan olahraga teratur. Olah raga sebaiknya jangan yang terlalu berat. Olah raga yang terlalu berat dapat meningkatkan kebutuhan oksigen jantung sehingga dapat mencetuskan iskemia otot jantung/serangan jantung. Olah raga yang disarankan adalah jogging atau jalan cepat minimal 3x seminggu masing-masing 30 menit. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jantung yang menangani Anda mengenai terapi selanjutnya. Selain itu, bila Anda merokok, Anda harus stop merokok untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang sudah ada.

Kami sertakan artikel berjudul: Penyakit Jantung Koroner untuk informasi lengkap.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar