Sukses

Anemia Aplastik

21 Oct 2014, 15:43 WIB
Pria, 22 tahun.

Obat anemia aplastik ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Anemia aplastik adalah kelainan darah yang ditandai dengan penurunan komponen selular pada darah tepi yang diakibatkan oleh kegagalan produksi di sumsum tulang (pabrik pembuat sel darah). Pada keadaan ini jumlah sel-sel darah yang diproduksi tidak memadai. Penderita mengalami pansitopenia, yaitu suatu keadaan dimana terjadi kekurangan jumlah sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan trombosit. 

 

Hal ini berbeda dengan leukemia atau kanker sel darah putih (leukosit) yang hasil pemeriksaan laboratorium darahnya menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih. Jadi perlu diketahui hasil pemeriksaan laboratorium darah tersebut secara lengkap untuk mengetahui penyakit yang mana. 

 

Anemia aplastik sering diakibatkan oleh radiasi dan paparan bahan kimia. Akan tetapi, pada sebagian besar pasien penyebabnya tidak dapat diketahui. Anemia aplastik dapat juga terkait dengan infeksi virus dan dengan penyakit lain.

 

Pengobatan anemia aplastik dapat bersifat suportif yaitu dengan transfusi darah dan trombosit. Penggunaan obat-obatan atau agen kimia yang diduga menjadi penyebab anemia aplastik harus dihentikan. Apabila terjadi infeksi bakteri, dilakukan pemberian antibiotik. Terapi standar untuk anemia aplastik meliputi terapi imunosupresif atau transplantasi sumsum tulang.

 

 

Kami sangat menyarankan agar Anda berobat kepada dokter spesialis penyakit dalam, khususnya konsultan hematologi onkologi medis (ahli darah dan kanker) untuk diagnosis pasti serta tatalaksana lebih lanjut.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

 

Terima kasih.

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar