Sukses

Tenggorokan Kering Seperti Mengganjal

21 Oct 2014, 17:02 WIB
Wanita, 49 tahun.

Saya seorang ibu rumah tangga, dalam 1 bulan ini saya mengkonsumsi obat hipertensi karena sempat tensi di 170/90 dan saat ini tensi saya sdh normal di 130/80, masih diminta utk tetap konsumsi 1 tablet/hari utk obat hipertensi. pertanyaan saya : saat ini sudah 1 bulan ini saya merasakan ada yang tersumbat di saluran kerongkongan, sdh dilihat dokter dan tdk ada infeksi namun saya merasakan seperti ada dahak yg mengganjal, kalau saya minum air maka akan longgar namun kemudian terasa ada yg mengganjal/menutup lagi di kerongkongan. mohon bantuan dokter. terima kasih. marieta

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah rasa tersumbat pada kerongkongan tersebut dirasakan setelah Ibu mulai mengonsumsi obat hipertensi? Apakah nama obat hipertensi tersebut? Apakah terdapat gejala batuk, mulut kering, atau lainnya?
Terdapat beberapa jenis obat anti hipertensi yang dapat memiliki efek samping, seperti batuk kering, mulut dan tenggorokan kering, sakit kepala, dan sebagainya. Efek samping ini tidak selalu muncul dan bervariasi pada setiap individu. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang memberikan obat anti hipertensi tersebut mengenai keluhan yang Anda rasakan, untuk ditelaah efeknya. Jika memang dikarenakan efek samping obat, dokter dapat mengganti obat tersebut dengan golongan lainnya. 
Namun jika terdapat keluhan tambahan atau memberat, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT untuk pemeriksaan fisik dan wawancara medis lengkap untuk mencari penyebab lain keluhan tersebut.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar