Sukses

Penanganan Nistagmus

22 Oct 2014, 10:50 WIB
Wanita, 28 tahun.

Saya mau tanya dok..saya pnya nistagmus dr SD..klo kumat tiap bangun tdur msti kumat..tiap cpek..stres kerja ..makan telat jg kumat..udah periksa ganti2 dokter blm da hasile jg..tlong minta solusine ya dok..mksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nistagmus adalah pergerakan mata yang cepat ke kiri ke kanan atau ke atas ke bawah secara involunter. Nistagmus sebagian besar didapatkan sejak lahir, namun selain itu nigtagmus dapat pula disebabkan oleh akibat sefek samping obat, trauma kepala atau penyakit seperti tumor otak, neuropati diabetikum, dan multiple sklerosis serta gangguan organ keseimbangan telinga. 

Pengobatan yang diberikan pada penderita nigtagmus tidak bertujuan untuk menghilangkan nigtagmus namun mengurangi gejala. Penggunaan lensa kontak maupun kacamata tidak akan memperbaiki nigtagmus namun dapat membantu mengoreksi gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekta dan silinder.

Beberapa tipe nigtagmus dapat membaik pada masa anak-anak. Penglihatan dapat diperjelas dan dibantu dengan kacamata khusus. Operasi dilakukan untuk memperbaiki posisi otot mata namun tidak menyembuhan nigtagmus. 

Pengobatan terhadap kondisi medis atau penyakit yang mendasari dapat mengurangi nigtagmus.

Selain berkonsultasi ke dokter spesialis mata Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis syaraf karena sebagian besar nigtagmus diakibatkan oleh gangguan pada syaraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar