Sukses

Pasca Radioterapi untuk Kanker Tonsil.

21 Oct 2014, 16:46 WIB
Pria, 27 tahun.

sudah 4 tahun yang lalu aku di radioteraphi karna kanker tonsil,apa penyakitku sudah benar-benar sembuh dokter???

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah diagnosis dari dokter pada konsultasi terakhir? apakah Anda pernah menjalani operasi selain dari radioterapi? Apakah Anda pernah merasakan keluhan lain seperti di area telinga, atau sekitar mulut pasca terapi tersebut?

Penyakit tersebut membutuhkan kerja sama multidisiplin antara dokter THT, dokter onkologi, dokter radiasi onkologi, dan pasien itu sendiri. Yang perlu dipantau adalah adanya pertumbuhan tumor sekunder. Tindak lanjut untuk pasien dengan kanker tonsil pasca terapi adalah kontrol rutin sesuai saran dokter Anda. Berapa lamakah periode kontrol yang dianjurkan oleh dokter Anda?

Anda juga perlu menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat agar sistem imun tubuh Anda tetap kuat, dengan olahraga cukup dan nutrisi seimbang, usahakan pula mengonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Hindari alkohol dan rokok. Hindari stres dan selalu berpikir positif dapat berpengaruh baik bagi kesehatan kita. 

Studi medis hingga saat ini masih dikembangkan untuk menemukan terapi yang semakin efektif untuk kanker tonsil. Teknik operasi invasif minimal seperti operasi robotik transoral dan pembedahan laser transoral menunjukkan efek positif terhadap terapi pasien.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda sehat selalu.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar