Sukses

Gangguan Keseimbangan

29 Nov 2014, 16:43 WIB
Pria, 38 tahun.

Kepala sy terasa pusing dan sperti kurang keseimbangan, kejadian ini sy alami setiap hari, tekanan darah 140/90, ada apa dengn kepala sy?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rsakan.

Alat vestibuler atau alat keseimbangan manusia terletak didalam telinga dalam disebelah kanan dan kiri. Apabila terjadi gangguan pada alat keseimbangan maka akan muncul gejala yang disebut vertigo. Sistem vestibuler ini sangat sensitif dengan perubahan konsentrasi oksigen dalam darah, oleh karena itu perubahan aliran darah yang mendadak dapat menimbulkan vertigo.

Perubahan konsentrasi oksigen dapat terjadi, misalnya pada hipertensi, hipotensi, spondiloartrosis servikal (gangguan tulang leher). Vertigo tidak akan timbul bila hanya ada perubahan konsentrasi oksigen saja, tetapi harus ada faktor lain yang menyertai, misalnya sklerosis/penyempitan pada salah satu arteri atau pembulu darah dalam telinga, atau salah satu arteri tersebut terjepit.

Namun sayang sekali Kami tidak bisa memberikan kepastian diagnosis tanpa adanya wawancara medis yang lebih mendalam, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter umum, dan bila keluhan ini berlanjut walaupun dengan pengobatan maka dokter akan merujuk Anda kepada dokter spesialis THT dan/atau Dokter spesialis Saraf.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar