Sukses

Satu Bulan Batuk

29 Nov 2014, 16:00 WIB
Wanita, 46 tahun.

Istri sy sdh satu bulan batuk sdh minum obst batuk dn pergi k dokter spesialis paru katax alergi minyak tp kl kambuh batukx sampai kencing apakah ada obatx dn jenis batuk apa dn bgmn penyembuhanx mhn jawananx trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai batuk yang tidak kunjung sembuh. Semua batuk yang tidak sembuh sembuh selama lebih dari 3 minggu harus dicurigai sebagai penyakit TB (tuberkulosis) paru. Selain mengeluh batuk yang tidak sembuh sembuh, penderita TB biasanya juga memiliki gejala-gejala penyerta lainnya, seperti :

  • Demam yang tidak terlalu tinggi, terutama di malam hari. Demam ini dapat berlangsung terus menerus, dapat juga hilang timbul
  • batuk berdahak, kadang bisa disertai darah
  • Terdapat keringat malam
  • Penurunan berat badan
  • Badan terasa lelah dan lemas
  • Batuk berdahak kadang disertai dengan darah.

Jika istri Anda juga memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya istri Anda segera memeriksakan diri  ke dokter spesialis paru atau spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan dahak 3x dan pemeriksaan foto rontgen dada. Penyakit TB harus segera ditatalaksana dengan tepat dan menyeluruh. TB yang tidak diobati atau diterapi dengan tepat akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti batuk berdarah, penyebaran infeksi TB ke organ di luar paru, dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb. Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar