Sukses

Hasil Pap Smear & Vaksinasi HPV

22 Oct 2014, 12:11 WIB
Wanita, 41 tahun.

enam bulan yang lalu saya papsmear, hasilnya ada virus HPV, namun sel masih normal. Kemudian saya tes HPV DNA, hasilnya tidak terdeteksi virus yang resiko tinggi ataupun resiko rendah.Saya disarankan untuk suntik vaksin. Namun belum saya lakukan. Pert saya : 1. Apakah dalam kondisi sudah terkena virus dan usia 41, pemberian vaksin efektif? 2. Jika saya melakukan vaksinasi, apakah hasil papsmear masih berlaku? karena sudah dilakukan enam bulan yang lalu. Apakah perlu papsmear lagi sebelum vaksinasi. Terima kasih informasinya

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. HPV Faktor risiko utama adalah infeksi dengan virus kutil kelamin, juga disebut human papillomavirus (HPV), meskipun sebagian besar wanita dengan infeksi HPV tidak terkena kanker serviks namun sekitar 95% -100% dari kanker serviks berkaitan dengan infeksi HPV. Oleh karena itu jika pada tes HPV DNA hasilnya tidak ditemukan virus HPV yang beresiko, sebaiknya Anda memang tetap melakukan vaksinasi HPV dan jika jarak terakhir melakukan pap smear adalah 6 bulan, maka Anda tidak perlu melakukan pap smear kembali. 

Ca cervix atau kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina, Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), sebagian besar disebabkan oleh HPV-16 dan HPV-18.
 
Faktor risiko kanker serviks diantaranya:
  • Hubungan seksual pertama kali < 16 tahun
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Jumlah kehamilan/jumlah anak banyak
  • Merokok
  • Kontrasepsi: penggunaan kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama (>5 tahun) meningkatkan risiko kanker leher rahim sebanyak 2 kali. 
  • Daya tahan tubuh lemah:  pada wanita imunokompromise  (penurunan kekebalan tubuh) seperti transplantasi ginjal dan HIV, dapat mengakselerasi (mempercepat) pertumbuhan sel kanker dari noninvasif menjadi invasif (tidak ganas menjadi ganas)
  • Infeksi HPV (Human Papilloma Virus)
  • Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, maka Anda harus menghindari faktor risiko yang disebutkan di atas. Selain itu, Anda dapat melakukan vaksinasi HPV.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar