Sukses

Penyebab Anak Tidak Mau Makan

24 Oct 2014, 15:36 WIB
Pria, 42 tahun.

Halo dokter, saya mau nanya knp anak saya tidak ada nafsu makan? Padahal saya selalu memberi vitamin nafsu makan, apakah itu semacam penyakit? Saya mohon saran dokter. Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Berapakah usia anak Anda? Beberapa hal yang menyebabkan anak tidak mau makan antara lain:
  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.

  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi konsumsi susu. Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. 

  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.

  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.

  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih

Apabila terdapat keluhan lain selain di atas, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda supaya dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis lengkap agar dapat ditelusuri lebih lanjut penyebabnya.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar