Sukses

Spiral Sudah Kadaluarsa

22 Oct 2014, 11:59 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salam dokter...sy ingin bertanya mengenai alat KB pasang (novati, masa pakai 5thn) yg sudah expire tp masih belum dilepas ato diganti. Bahayakah dokter?apa resikonya klo blm dibuka2. Tq dokter.

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. IUD (spiral) adalah alat yang terbuat dari plastik atau tembaga yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara menganggu lingkungan rahim, yang menghalangi terjadinya pembuahan maupun implantasi. Spiral jenis copper T (melepaskan tembaga) mencegah kehamilan dengan cara menganggu pergerakan sperma untuk mencapai rongga rahim dan dapat dipakai selama 10 tahun.

Efektivitas IUD yaitu kehamilan terjadi pada 0,3-0,8 per 100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertama. Keuntungan pemakaian IUD sangat efektif, bekerja cepat setelah dimasukkan ke dalam rahim. Bekerja dalam jangka waktu lama. Namun jika Anda memakai dalam jangka waktu lama yang seharusnya sudah dilepas, berikut efek samping pemakaian jangka lama spiral: risiko infeksi panggul, dismenorea (nyeri saat haid), menoragia pada bulan-bulan pertama, peningkatan risiko perforasi (robek)  rahim, risiko kehamilan ektopik, IUD dapat lepas dengan sendirinya, nyeri, perdarahan, peningkatan jumlah darah menstruasi

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk diperiksa secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar