Sukses

Apa Itu Meningitis?

02 Dec 2014, 22:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok saya mau tanya mengenai meningitis, pacar saya yg berumur 19th 2 bulan terakhir ini mengalami sakit kepala dibagian belakang diatas leher. rasa nya muter2. dulu sempat diperiksakan ke dokter umum dan dibilang sakit vertigo, sudah dikasih obat tapi masih sering kumat sakitnya, bahkan kumat setiap kali kecapean dan pada waktu belajar serius. dia ada riwayat anemi dan sedang menjalani terapi penyembuhan TB perut, tumor di perut sudah diambil dan ini dalam 5 bulan masa penyembuhan. terimakasih dok

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai kondisi pacar Anda. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan -itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus, bakteri, parasit atau jamur. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya.

Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umumnya seperti suhu tubuh yang kian tinggi.  Infeksi pada otak biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki sistem imunitas rendah. Gejala meningitis akibat infeksi bakteri atau virus memang cepat, gejala akan muncul dalam beberapa hari setelah paparan terhadap mikroorganisme tersebut

Meningitis ini jika ditangani dengan tepat memiliki prospek yang baik ke depannya untuk pasien dapat sembuh, namun jika terlambat ditangani, kematian bisa jadi salah satu akibat yang ditimbulkan oleh meningitis.

Apabila keluhan nyeri kepala sangat mengganggu dan berlangsung dalam jangka waktu panjang, kami menyarankan pacar Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf (Neurolog) untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar