Sukses

Benjolan tulang di Belakang Leher

29 Nov 2014, 15:56 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mau tanya dok. Dibelakang leher saya ada benjolan tulang yg keras sehingga kepala saya sudah selama 5 bln sakit, saat menelan sakit, lidah tidak bisa merasakan makanan, ada bunyi keras pendengaran sakit. Terima kasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis benjolan, selain wawancara medis mendetil juga dibutuhkan pemeriksaan fisik yang lengkap untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui:

  • ukuran,
  • lokasi tepat,
  • warna,
  • kekenyalan dan kekerasan,
  • apakah mudah digerakkan,
  • permukaannya,
  • apakah semakin membesar dengan cepat atau tetap,
  • kondisi daerah sekitar benjolan,
  • dll.

Bagaimana sifat rasa sakit (berdenyut atau seperti ditekan benda berat)? Kapan saja rasa sakit dirasakan? Adakah pemicu yang membuat sakit kepala muncul? Adakah gejala-gejala lain yang menyertai sakit kepala Anda?

Saat ini penting untuk mengenali jenis sakit kepala Anda, apakah termasuk yang berbahaya atau tidak. Sakit kepala terbagi dua: sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala tanpa penyebab yang jelas dan tidak berhubungan dengan penyakit lain. Contohnya adalah sakit kepala tipe tensión, migren atau cluster.  Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain. Contohnya adalah infeksi virus, adanya pendesakan di dalam tengkorak oleh tumor, cairan otak, darah, dan kematian jaringan otak serta stroke. Masing-masing memiliki gejala yang berbeda-beda dan juga memiliki respon yang berbeda-beda terhadap pengobatan anti nyeri.

Apakah Anda sudah mengkonsumsi obat saat mengalami sakit kepala? Jika Anda telah mencoba mengonsumsi anti nyeri biasa dan tidak terlalu berpengaruh maka perlu dipertimbangkan penyebab sakit kepala sekunder dan perlunya dilakukan pemeriksaan penunjang (Pemeriksaan Laboratorium, MRI, dll).

Saat ini, Anda dapat mengunjungi dokter umum terlebih dahulu untuk menentukan jenis sakit kepala yang Anda alami. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik juga terkait keluhan benjolan Anda. Setelah pemeriksaan langsung, maka dapat diketahui apakah masih diperlukan pemeriksaan penunjang lebih lanjut atau dapat langsung diketahui penyebab benjolan tersebut berbahaya atau tidak. Setelah kondisi Anda ditentukan maka Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar