Sukses

Penanganan Ambeien

23 Nov 2014, 11:47 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya bagaimana cara penyembuhan ambeien dok? Sudah kurang lebih 6 bulan ada benjolan pada anus saya, saya sudah pernah kedokter 2 kali namun katanya pola makan yang harus diatur dan dokternya bilang kalau tidak sakit dan gatal tidak perlu minum obat lagi, mohon penjelasannya. Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal. Hemorrhoid jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Pada keadaan ini umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri yang lebih hebat dan dapat disertai perdarahan.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Saat ini apakah benjolan masih dapat masuk spontan? Apakah saat ini Anda ada keluhan? Sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter untuk diketahui kondisi hemorrhoid Anda. Karena hemorrhoid terbagi beberapa derajat. Bila sudah parah tentunya membutuhkan penanganan lebih lanjut hingga operasi.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Terdapat krim yang digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar