Sukses

Menaikkan Berat Badan Bayi

24 Oct 2014, 12:31 WIB
Pria, 1 tahun.

selamat malam dokter saya punya anak laki laki usia 6 bulan mengalami post colostomy bulan depan akan menjalani oprasi pembuatan anus di bawah tapi kata dokter nya suruh nambah berat badan nya. gimana nambah berat badan bayi supaya cepat nambah dok ?? terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.
 
Menurut WHO, pada usia 6 bulan, persentil 50 dari berat badan anak laki-laki berada pada kisaran 7.9 kg (rentang 6.1 kg-10.2 kg). Untuk mencapai berat badan ideal, harus diperhatikan pola pemberian makan pada bayi. Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan.

Pada usia 6-9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena bayi mendapat manfaat yang lebih banyak.

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.
 
Berikut adalah artikel tambahan untuk menambah informasi Anda, disertai panduan pemberian makan dan contoh makanan pada bayi:
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar