Sukses

cara mengatasi kelebihan berat badan

22 Oct 2014, 21:46 WIB
Pria, 33 tahun.

Bagaimana cara mengatasi over wight?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Penurunan berat badan yang baik adalah menyeimbangkan antara asupan masuk dan keluar. Artinya, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan anda harus lebih sedikit dari pengeluaran anda. Hal ini sangat efektif bila dilakukan dengan cara berdiet (mengurangi makan) dan berolahraga. Olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Sebaiknya Anda jangan melewatkan sarapan. Sarapan adalah jadwal makan yang paling penting dalam sehari. Seseorang yang sarapan tiap hari memiliki risiko lebih kecil mengalami obesitas dibandingkan orang yang melewatkan sarapan. Selain itu sarapan teratur juga menurunkan risiko mengalami maslah yang berkaitan dengan gula darah yang berkaitan dengan risiko diabetes serta kolesterol tinggi.

Masalah berat badan  yang berlebih dapat disikapi dengan cara :

  1. Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit. Olahraga dapat membantu memperlancar metabolisme
  2. Diet rendah lemak seperti goreng-gorengan, perbanyak makan makanan yang rebus atau dibakar. Jangan atau kurangi konsumsi junk-food atau makanan cepat saji.
  3. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat (banyak sayur dan buah), tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein.
  4. Batasi makan malam sampai jam 7 malam, apabila lebih dari jam tersebut, anda dapat mengonsumsi buah atau sayur
  5. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks
  6. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran
  7. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll
  8. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu

0 Komentar

Belum ada komentar