Sukses

Menstruasi Belum Datang, Bahayakah?

21 Oct 2014, 16:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya haid tidak teratur..saya sudah memiliki anak tetapi hampir 8 bln ini saya belum juga haid smpat flek tpi hnya bbrpa hari sekarang sudah berhenti.Apakah berbahaya atau tidak? sering mual tpi bbrpa x test hasil ngatif..memang saya program punya anak lg.

 

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Apakah saat ini Ibu sedang memberikan ASI pada anak Ibu?

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Apakah Ibu mengetahui siklus menstruasi Ibu? Bagaimana frekuensi menstruasi Ibu?

Karena, berbeda dengan perdarahan yang terjadi di luar siklus haid atau flek-flek di luar siklus haid perlu dicari penyebabnya. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Jika keluhan mengganggu Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda seputar kesehatan kewanitaan.

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar