Sukses

Tenggorokan Gatal Namun Tidak Batuk

22 Oct 2014, 10:19 WIB
Wanita, 56 tahun.

Dear dokter saya ingin bertanya mengapa sering merasa gatel di tenggorokan seperti mau batuk tapi tidak batuk, setelah terserang batuk 4 bln lalu. Sudah periksa ke dr tht dikatakan tidak ada apa2. Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat gejala seperti tenggorokan atau mulut kering, pilek, suara serak, demam, atau lainnya? Apakah saat ini anda sedang mengonsumsi obat seperti obat untuk hipertensi, jantung atau lainnya? 

Gatal di tenggorokan bisa disebabkan oleh hal seperti alergi, peradangan, infeksi, efek samping obat, dan sebagainya. Jika gatal tenggorokan disertai demam dan batuk kemungkinan penyebabnya adalah infeksi bakteri/virus. Apabila keluhan dirasakan sejak Anda mengonsumsi suatu jenis obat, maka dapat disebabkan oleh efek samping obat tersebut.

Diperlukan informasi yang lebih lengkap dan pemeriksaan fisik untuk menegakkan diagnosis penyakit Anda. Sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter  umum atau THT untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut, jangan lupa untuk menginformasikan kepada dokter apabila terdapat obat yang sedang Anda konsumsi, atau bila ada riwayat alergi. 

Sementara itu, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • istirahat cukup
  • minum air putih minimal 8 gelas/hari
  • makan makanan sehat dan bernilai gizi baik untuk mempercepat proses penyembuhan
  • konsumsi makanan/minuman hangat untuk mengurangi gejala
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar