Sukses

Benjolan pada Payudara

30 Nov 2014, 01:16 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter saya mau tanya...di dada saya sedikit naik keatas payudara terdapat benjolan kurang lebih sebesar gundu kecil...jika ditekan terasa sakit...apakah itu salah satu tanda tumor payudara...tp saya sedang menyusui anak kedua...terimakasih dok atas perhatiannya...

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan pada payudara disebabkan oleh kanker. Dalam bahasa kedokteran, tumor merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu benjolan. Benjolan(tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi , penyakit fibrokistik, dan tumor jinak(seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Untuk membedakannya perlu diketahui sejak kapan benjolan tersebut muncul, apakah saat menyusui atau jauh sebelum menyusui/memiliki anak? dimanakah tepatnya letak benjolan tersebut? apakah ukuran benjolan tersebut tetap atau makin membesar? apakah permukaannya licin atau berbenjol, bertepi rata atau tidak, dapat digerakkan atau melekat pada dasarnya, dan bagaimana konsistensinya apakah keras atau lunak? apakah keluhan tersebut terdapat pada salah satu payudara atau keduanya? apakah benjolan menetap atau hilang timbul? apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)? bagaimana keadaan kulit  di atasnya? apakah terdapat kemerahan pada kulit payudara?

Benjolan yang banyak terdapat pada wanita muda dan remaja adalah Fibroadenoma Mamma (FAM) dan penyakit fibrokistik(mammary displasia). FAM merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita, tumor ini dibentuk baik itu oleh jaringan payudara glandular maupun stroma, dan biasanya terjadi pada wanita muda berusia 15-25 tahun. Etiologi dari fibroadenoma masih tidak diketahui pasti tetapi dikatakan bahwa hipersensitivitas terhadap estrogen pada lobul dianggap menjadi penyebabnya. Penyakit fibrokistik(Mammary dysplasia) merupakan kondisi yang ditandai penambahan jaringan fibrous(jaringan ikat) dan glandular(kelenjar). Mammary dysplasia dapat memberikan gejala berupa benjolan yang biasanya multipel, terdapat penebalan, dan rasa nyeri. dan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi. Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang.

Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diyakini banyak faktor yang berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain seperti faktor genetik, hormonal, virogen (belum terbukti pada manusia), makanan yang tinggi lemak dan bersifat karsinogen (pemicu kanker), serta radiasi. Seorang dengan kanker payudara dapat mengeluh adanya benjolan yang berbatas tidak tegas dengan pembesaran ukuran yang progresif, konsistensi keras, melekat pada dasarnya(tidak dapat digerakkan), lekukan atau penarikan kulit payudara ke dalam, keluarnya cairan nanah atau darah dari puting susu dan puting susu yang terlihat berubah posisi dan tidak simetris antara payudara kiri dan kanan. Tak jarang benjolan juga tampak di bagian lain, seperti ketiak. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Anda memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara.

Pada ibu hamil, benjolan yang terdapat pada payudara umumnya disebabkan oleh radang kelenjar susu(mastitis) ataupun galaktokel. Pada radang kelenjar susu(mastitis) dapat memberikan gejala seperti terdapat gumpalan(teraba sebagai benjolan) yang terasa nyeri di payudara, kulit kemerahan, nyeri pada payudara yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara serta demam.

Galaktokel adalah kista yang berisi susu yang terjadi pada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Kista adalah ruang berisi cairan yang dibatasi sel-sel glandular. Kista terbentuk dari cairan yang berasal dari kelenjar payudara. Seperti kista lainnya, galaktokel tidak bersifat seperti kanker. Biasanya galaktokel tampak rata, benjolan dapat digerakkan, walaupun dapat juga keras dan susah digerakkan.

Sayangnya, karena minimnya data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik secara llangsung, maka kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara Anda. Oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk memeriksa benjolan tersebut Anda dapat melakukan pemeriksaan mammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Dengan demikian Anda dapat segera mendapat penanganan yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel beikut ini yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi)

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

5 Langkah Periksa Payudara

Benjolan jinak payudara

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar