Sukses

Pen pada Operasi HNP

30 Nov 2014, 04:29 WIB
Pria, 25 tahun.

Sebelumnya saya pernah menjalani operasi penyakit hnp dan saya dipasang alat pen pada tulang belakang saya,yg ingin saya tanyakan apakah pen itu wajib di cabut apa tidak saya operasi hnp itu pada tahun 2013 di bulan februari

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Hernia nukleous pulposus (HNP) adalah suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Nukleus pulposus adalah bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang. 

Salah satu faktor risiko HNP adalah pekerjaan, seperti terlalu sering mengangkat beban berat, sehingga menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan penonjolan nukleus pulposus. Atau dikarenakan adanya riwayat jatuh seperti yang Anda alami.

Gejala:

HNP paling sering terjadi di daerah lumbal (tulang belakang bagian bawah), tersering di L3-L5. Gejala yang muncul berupa nyeri kronik dan biasanya hebat pada lokasi penjepitan saraf, kesemutan/baal, nyeri dapat menjalar ke paha/kaki, gangguan buang air kecil/disfungsi seksual, sampai kelemahan anggota tubuh/kelumpuhan. Nyeri biasanya dipicu oleh perubahan posisi tubuh, membungkuk, batuk, mengejan, mengangkat beban, atau suhu dingin.

Terapi:

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan.

  • Terapi konservatif
    • Bed rest 3-6 minggu + obat anti nyeri
    • Pasien harus tidur di atas kasur yang keras, berlapis papan di bawahnya supaya kasur tidak melengkung selama beberapa minggu sampai 3 bulan.
    • Fisioterapi
    • Bila nyeri dan keluhan subyektif menghilang, maka mobilisasi dapat dilakukan lambat laun untuk kemudian dbantu dengan ‘braces’, ‘corset’ atau ‘belt’
  • Terapi operatif:
    • Operasi bertujuan untuk menghilangkan penekanan dan iritasi pada saraf sehingga nyeri dan gangguan fungsi akan hilang.
    • Harus dilakukan terutama jika sudah ada kelainan neurologik yang semakin memburuk

Teknik operasi pada kasus HNP bermacam-macam. Penggunaan pen pada suatu tindakan operasi ditujukan untuk mempertahankan posisi tulang pada posisi yang seharusnya(anatomis) hingga terbentuk proses pembentukan tulang saat penyembuhan.  Pada bidang orthopedi, terdapat berbagai jenis dan ukuran pen yang penggunaannya disesuaikan dengan jenis tulang yang mengalami gangguan. Mengenai waktu penggunaan pen ini disesuaikan dengan jenis pen, kemajuan proses penyembuhan/penyambungan tulang dan juga usia. Bahan yang digunakan sebagai pen adalah stainless dan titanium. Bahan titanium lebih banyak disukai karena kemungkinan reaksi penolakan yang lebih kecil, lebih ringan dan kuat. Umumnya, penggunaan pen yang berbahan stainless dilepas setelah tulang menyambung kembali dengan rata-rata waktu 1 hingga 2 tahun. Namun rentang waktu ini dapat bervariasi pada tiap orang dan kasus yang berbeda. Pada anak-anak sebaiknya pen dilepas setelah terjadi penyambungan tulang agar tidak menggangu proses pertumbuhan tulang, namun pada orang tua yang berusia lanjut pen dapat dipertahankan jika letak,posisi serta fungsinya masih baik dan tidak menimbulkan keluhan. Pada kasus Anda, kami tidak dapat menyebutkan berapa lama penggunaan pen tersebut, karena kami tidak mengetahui kondisi Anda, oleh karena itu kami sarankan Anda untuk menanyakan hal tersebut kepada dokter Anda secara langsung.

Berikut ini kami sertakan artikel yang berjudul Operasi Minimal Invasif Untuk Penatalaksanaan Nyeri Pinggang untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar