Sukses

Haid Tidak Lancar & Flek

21 Oct 2014, 15:59 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, Haid saya tdk lancar. 1 bln kadang cuma 3 hr, itupun keluarnya sdkt spt bercak kecoklatan/kemerahan. Skr saya jg tdk menstruasi tp keluarnya flek kecoklatan selama beberapa hari, tp skr keluar lg. Apa itu bahaya? Terima kasih sebelumnya.

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menyimpulkan terlebih dahulu informasi yang Anda sampaikan. Keluhan Anda adalah menstruasi yang tidak lancar. Apakah riwayat menstruasi Anda pernah teratur setiap bulannya? Berapa hari siklus menstruasi Anda?

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Jadi mendapatkan haid selama 3 hari sebenarnya masih wajar. 

Namun, berbeda dengan perdarahan yang terjadi di luar siklus haid atau flek-flek di luar siklus haid perlu dicari penyebabnya. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Jika keluhan mengganggu Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda seputar kesehatan kewanitaan.

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar