Sukses

Wasir/ambeien harus di operasi?

28 Nov 2014, 14:11 WIB
Wanita, 21 tahun.

sore dok,saya mau bertanya dok saya punya sakit wasir,dengan tanda-tandanya sering keluar darah ketika saya BAB,bahkan darahnya banyak bangetz,yang saya mau tanyakan ke dokter,apakah wasir saya ini berbahaya dok,gimana cara menanganinya dok,apakah harus dioperasi dok, trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Wasir/ambeien yang dalam bahasa medis disebut hemorrhoid, merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. 

Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah. Nah, sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda kenali dulu gejala-gejala wasir:

  1. Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil
  2. Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus
  3. Ada benjolan di anus saat BAB
  4. Rasa gatal di sekeliling anus

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan wasir, diataranya adalah:

  1. Faktor genetika
  2. Sembelit atau Diare
  3. Hipertensi
  4. Obesitas
  5. Kehamilan
  6. Kurang makanan tinggi serat
  7. Kurang minum air putih

Terdapat krim yang dapat digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi lebih lanjut tanpa terlebih dahulu mengetahui kepastian diagnosis keluhan Anda dan derajat penyakitnya tanpa didahului wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan penunjang yang dibutuhkan. Untuk itu Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Berikut kami sertakan beberapa artikel mengenai wasir :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar