Sukses

Posisi Rahim Menekuk Kesamping

22 Oct 2014, 14:06 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter, sy menikah 2,5 thn namun blm dikaruniai anak. Bln Sept sy HSG namun gagal krn kateter tdk bs masuk, keluar trs. Bulan ini sy HSG lg dgn dok yg berbeda namun tetap gk bs. Kata dok mulut rahim sy terlalu lebar, rahim agak nekuk ke kiri. Apakah anatomi seperti itu membuat sy sulit hamil dok? Trims

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah posisi rahim menekuk kesamping atau dalam istilah medis disebut dengan posisi rahim retrofleksi.

Berbagai posisi uterus tersebut baik antefleksi maupun retrofleksi merupakan suatu variasi normal pada anatomi sistem reproduksi wanita. Memang pada umumnya wanita selalu merasa khawatir akan pengaruh posisi rahimnya terhadap kesuburannya, namun pada kenyataannya posisi rahim tidak berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita dan kemampuannya untuk hamil. Semen bersifat lengket dan sperma dapat berenang, sehingga posisi berhubungan intim mana pun, selama semen dikeluarkan di dalam vagina dapat berujung dengan kehamilan. Ibu juga dapat mengupayakan agar cairan sperma bisa mencapai mulut rahim, misalnya dengan posisi ibu setelah berhubungan meletakkan punggung ditempat yang lebih tinggi (diganjal).

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar