Sukses

Eklampsia Dalam Kehamilan

28 Nov 2014, 11:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang pak. Dulu waktu kehamilan anak saya yang pertama, saya mengalami eklampsia waktu usia kandungan sekitar 32 minggu hal itu mengakibatkan saya mendapat penanganan yaitu operasi caesar untuk mengambil bayi dari kandungan saya. Alhamdulillah anak saya lahir dengan sehat dan sekarang sudah berusia 3 thn 8 bln. Dan sekarang saya sedang mengandung anak ke-dua dgn usia sekitar 4 minggu. Yang ingin saya tanyakan, apakah eklampsia dapat terjadi lagi jika kehamilan sebelumnya pernah mengalaminya? Bagaimana cara mencegahnya? Terima kasih banyak Pak atas jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Pada eklamsia, terjadi kelainan pada susunan saraf menyebabkan rasa sakit kepala, penurunan tajam pengllihatan, kejang-kejang hingga penurunan kesadaran (koma). Penyebabnya adalah kurangnya cairan darah ke otak, otak kekurangan oksigen, dan bengkak/edema pada otak. Perlu disingkirkan adanya riwayat kejang yang menetap (epilepsi) sebelum adanya kehamilan. Eklamsia merupakan suatu komplikasi penyakit dalam kehamilan yaitu preeklamsi berat akibat penanganan yang terlambat.

Preeklamsia adalah suatu kondisi yang dapat berkembang selama kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan protein dalam urin (proteinuria).

Kekambuhan eklamsi dipengaruhi oleh kekambuhan preeklampsi. Untuk itu perlu dikenali faktor resiko terjadinya preeklampsi dalam kehamilan berikutnya. Faktor resikonya meliputi;

  • keamilan pada Usia Remaja atau wanita di atas 40 paling berisiko
  • Sejarah preeklampsia eklampsia pada kehamilan sebelumnya
  • Kegemukan
  • Setelah memiliki tekanan darah tinggi sebelum kehamilan
  • Kehamilan dicapai melalui donasi telur atau inseminasi donor
  • Memiliki ibu atau saudara perempuan yang memiliki preeclampsia
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, lupus, rheumatoid arthritis, atau beberapa penyakit ginjal
  • Beberapa kehamilan
  • Penyakit sel sabit

Tidak ada cara yang dikenal untuk mencegah preeklampsia dan eklampsia. Namun, komplikasi ini dapat dihindari dengan manajemen kehamilan yang tepat dan cepat. Oleh karena itu sangat penting bagi wanita hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mencari adanya tanda-tanda preeklampsi dan segera menanganinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar