Sukses

Mastalgia atau Nyeri Payudara

28 Nov 2014, 10:09 WIB
Wanita, 32 tahun.

SELAMAT SIANG DOKTER, DOK SAYA MAU KONSULTASI, 10 TAHUN YANG LALU PAYUDARA SAYA PERNAH MERASAKAN NYERI TAPI TIDAK ADA BENJOLAN TRUS SAYA PERIKSA KE DOKTER DAN JUGA DI USG TIDAK ADA APA - APA, DOKTER BILANG KALAU SAYA HANYA KELEBIHAN KELENJAR, TAPI MESKIPUN BEGITU SELAMA INI SAYA BERUSAHA MENJAGA POLA MAKAN SAYA, TAPI DUA BULAN YANG LALU TERASA LAGI NYERINYA DAN SUDAH SAYA PERIKSAKAN KE DOKTER JUGA NAMUN DOKTER BILANG TIDAK ADA APA - APA HANYA KURANG VITAMIN E SAJA, NAMUN SEKARANG SUDAH SEMINGGU INI PAYUDARA SEBELAH KANAN SAYA SUKA NYERI - NYERI SAMPAI KE TANGAN SAYA IKUT KESEMUTAN, SAYA RABA SENDIRI TIDAK ADA BENJOLAN, JUGA TIDAK ADA CIRI - CIRI LAIN HANYA NYERI SAMPAI LINU - LINU KE TANGAN, SAYA HARUS BAGAIMANA DOKTER, TERIMA KASIH DOKTER.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi.

Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Apakah nyeri payudara Anda dipengaruhi siklus menstruasi?

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Untuk itu, Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar