Sukses

Cara Mengobati Penyakit Bell's Palsy

28 Nov 2014, 09:48 WIB
Pria, 50 tahun.

pagi dokter mau nanya bagaimana cara mengobati penyakit bell pasy

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bell's Palsy disebabkan oleh radang pada saraf otak ke VII  di daerah wajah yang juga bisa dicetuskan oleh infeksi virus. Gejala klinis yang paling sering terjadi adalah otot wajah yang tidak dapat digerakkan dan terasa lumpuh, serta satu sisi wajah terlihat mencong/miring. Penderita umumnya mengalami kesulitan menutup mata dan mulut, tidak dapat mengangkat alis, serta sulit saat hendak makan dan berbicara kurang jelas. Tingkat keparahannya bervariasi, bisa hanya seperti kesemutan hingga kelumpuhan total. 

Berdasarkan Journal of Neurology Neurosurgry and Psychiatry, prognosis kesembuhan dari bell's palsy sangat baik, hanya 16% diantaranya yang gejalanya tidak kembali seperti semula.

Terapi yang dilakukan suportif atau mengurangi gejala yang ada. Bell’s palsy umumnya meliputi diobati dengan pemberian terapi kortikosteroid serta terapi kombinasi yaitu dengan melibatkan pemberian obat-obatan antivirus

Jika Anda mengalami kondisi yang menyerupai gejala Bell’s palsy, segeralah berobat  agar dapat dipastikan diagnosisnya dan kemungkinan sembuh total akan semakin besar. Namun jangan samakan kondisi ini dengan stroke, sebab kelainan yang terjadi pada Bell’s palsy langsung terjadi pada syaraf tanpa disertai kelumpuhanpada anggota tubuh lain seperti yang diderita penderita stroke pada umumnya.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar