Sukses

Batuk Dengan Lendir

22 Oct 2014, 11:05 WIB
Wanita, 89 tahun.

Dokter, ibu saya batuknya agak jarang2, tapi lendirnya banyak dan sulit keluar. kadang2 lehernya bunyi. sulit mengeluarkan suara. obat apa yg tepat utk penyakitnya dgn usia yg sdh sgt lanjut. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Perlu diketahui sejak kapan batuk tersebut dialami? apakah terdapat gejala lainnya? apakah saat ini Ibu anda mengonsumsi obat-obatan tertentu?

Penyebab batuk umumnya antara lain

  1. Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2. Asma
  3. Infeksi : Tuberkulosis (TBC), Pneumonia
  4. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung), dan sebagainya

Untuk mempermudah pengeluaran dahak, dapat diberikan obat yang mengencerkan dahak, maupun obat bronkodilator yang melebarkan bronkus sehingga dahak lebih mudah keluar. Terapi lain seperti terapi uap juga dapat diberikan, bergantung pada penyebab dan asal lendir tersebut.

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter umum, apabila ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik paru, dokter umumnya akan merujuk ke dokter spesialis paru.  Pengobatan yang diberikan pun disesuaikan dengan penyebab batuk tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar